Tak Berkategori
A. 4. 1
Memahami makna al-Asmā’u al-¦usnā: al-Karim, al-Mu’min, al-Wakil, alMatin, al-Jāmi’, al-‘Adl, dan al-Ākhir. Mari pelajari dan pahami satu-persatu
asmā’ul husna tersebut!
- Al-Karim
Secara bahasa, al-Kar³m
mempunyai arti Yang Mahamulia,
Yang Maha Dermawan atau Yang
Maha Pemurah. Secara istilah,
al-Kar³m diartikan bahwa Allah
Swt. Yang Mahamulia lagi Maha
Pemurah yang memberi anugerah
atau rezeki kepada semua makhlukNya. Dapat pula dimaknai sebagai
Zat yang sangat banyak memiliki
kebaikan, Maha Pemurah, Pemberi
Nikmat dan keutamaan, baik ketika
diminta maupun tidak. Hal tersebut
sesuai dengan firman-Nya:
Artinya: “Hai manusia apakah yang telah memperdayakanmu terhadap
Tuhan Yang Maha Pemurah?” (Q.S. al-Infi¯ār:6)
Al-Kar³m dimaknai Maha Pemberi karena Allah Swt. senantiasa memberi,
tidak pernah terhenti pemberian-Nya. Manusia tidak boleh berputus asa dari
kedermawanan Allah Swt. jika miskin dalam harta, karena kedermawananNya tidak hanya dari harta yang dititipkan melainkan meliputi segala hal.
Manusia yang berharta dan dermawan hendaklah tidak sombong jika telah
memiliki sifat dermawan karena Allah Swt. tidak menyukai kesombongan.
Dengan demikian, bagi orang yang diberikan harta melimpah maupun tidak
dianugerahi harta oleh Allah Swt., keduanya harus bersyukur kepada-Nya
karena orang yang miskin pun telah diberikan nikmat selain harta.
Al-Kar³m juga dimaknai Yang Maha Pemberi Maaf karena Allah Swt.
memaafkan dosa para hamba yang lalai dalam menunaikan kewajiban kepada
Allah Swt., kemudian hamba itu mau bertaubat kepada Allah Swt. Bagi hamba
yang berdosa, Allah Swt. adalah Yang Maha Pengampun. Dia akan mengampuni
seberapa pun besar dosa hamba-Nya selama ia tidak meragukan kasih sayang
dan kemurahan-Nya.
Menurut imam al-Gazali, al-Kar³m adalah Dia yang apabila berjanji,
menepati janjinya, bila memberi, melampaui batas harapan, tidak peduli
berapa dan kepada siapa Dia memberi dan tidak rela bila ada kebutuhan dia
memohon kepada selain-Nya, meminta pada orang lain. Dia yang bila kecil
hati menegur tanpa berlebih, tidak mengabaikan siapa yang menuju dan
berlindung kepada-Nya, dan tidak membutuhkan sarana atau perantara.
- Al-Mu’min
Al-Mu’m³n secara bahasa berasal dari kata amina yang berarti pembenaran,
ketenangan hati, dan aman. Allah Swt. al-Mu’m³n artinya Dia Maha Pemberi
rasa aman kepada semua makhluk-Nya, terutama kepada manusia. Dengan
begitu, hati manusia menjadi tenang. Kehidupan ini penuh dengan berbagai
permasalahan, tantangan, dan cobaan. Jika bukan karena Allah Swt. yang
memberikan rasa aman dalam hati, niscaya kita akan senantiasa gelisah,
takut, dan cemas. Perhatikan firman Allah Swt. berikut!
Artinya: “Orang-orang yang beriman dan tidak mencampuradukkan iman
mereka dengan syirik, mereka itulah orang-orang yang mendapat rasa aman
dan mereka mendapat petunjuk.” (Q.S. al-An’ām/6:82)
Ketika kita akan menyeru dan berdoa kepada Allah Swt. dengan namaNya al-Mu’m³n, berarti kita memohon diberikan keamanan, dihindarkan dari
fitnah, bencana dan siksa. Karena Dialah Yang Maha Memberikan keamanan,
Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti 7
Dia yang Maha Pengaman. Dalam nama al-Mu’m³n terdapat kekuatan yang
dahsyat dan luar biasa. Ada pertolongan dan perlindungan, ada jaminan
(insurense), dan ada bala bantuan.
Berżikir dengan nama Allah
Swt. al-Mu’m³n di samping menumbuhkan dan memperkuat
keyakinan dan keimanan kita, bahwa
keamanan dan rasa aman yang
dirasakan manusia sebagai makhluk
adalah suatu rahmat dan karunia
yang diberikan dari sisi Allah Swt.
Sebagai al-Mu’m³n, yaitu Tuhan
Yang Maha Pemberi Rasa Aman
juga terkandung pengertian bahwa
sebagai hamba yang beriman,
seorang mukmin dituntut mampu
menjadi bagian dari pertumbuhan
dan perkembangan rasa aman
terhadap lingkungannya.
Mengamalkan dan meneladani al-Asmā’u al-¦usnā al-Mu’m³n, artinya
bahwa seorang yang beriman harus menjadikan orang yang ada di sekelilingnya
aman dari gangguan lidah dan tangannya. Berkaitan dengan itu, Rasulullah
saw. bersabda: “Demi Allah tidak beriman. Demi Allah tidak beriman. Demi
Allah tidak beriman. Para sahabat bertanya, ‘Siapa ya Rasulullah saw.?’
Rasulullah saw. menjawab, ‘Orang yang tetangganya merasa tidak aman dari
gangguannya.’” (H.R. Bukhari dan Muslim).
- Al-Wakil
Kata “al-Wak³l” mengandung arti Maha Mewakili atau Pemelihara. Al-Wak³l
(Yang Maha Mewakili atau Pemelihara), yaitu Allah Swt. yang memelihara
dan mengurusi segala kebutuhan makhluk-Nya, baik itu dalam urusan dunia
maupun urusan akhirat. Dia menyelesaikan segala sesuatu yang diserahkan
hambanya tanpa membiarkan apa pun terbengkalai. Firman-Nya dalam alQur’ān:
Artinya: “Allah Swt. pencipta segala sesuatu dan Dia Maha Pemelihara
atas segala sesuatu.” (Q.S. az-Zumar/39:62)
Dengan demikian, orang yang mempercayakan segala urusannya kepada
Allah Swt., akan memiliki kepastian bahwa semua akan diselesaikan dengan
sebaik-baiknya. Hal itu hanya dapat dilakukan oleh hamba yang mengetahui
bahwa Allah Swt. yang Mahakuasa, Maha Pengasih adalah satu-satunya yang
dapat dipercaya oleh para hamba-Nya. Seseorang yang melakukan urusannya
dengan sebaik-baiknya dan kemudian akan menyerahkan segala urusan
kepada Allah Swt. untuk menentukan karunia-Nya.
Menyerahkan segala urusan
hanya kepada Allah Swt. melahirkan
sikap tawakkal. Tawakkal bukan
berarti mengabaikan sebab-sebab
dari suatu kejadian. Berdiam
diri dan tidak peduli terhadap
sebab itu dan akibatnya adalah
sikap malas. Ketawakkalan dapat
diibaratkan dengan menyadari
sebab-akibat. Orang harus berusaha
untuk mendapatkan apa yang
diinginkannya. Rasulullah saw.
bersabda, “Ikatlah untamu dan
bertawakkallah kepada Allah Swt.”
Manusia harus menyadari bahwa semua usahanya adalah sebuah doa yang
aktif dan harapan akan adanya pertolongan-Nya. Allah Swt. berfirman yang
artinya, “(Yang memiliki sifat-sifat yang) demikian itu ialah Allah Swt. Tuhan
kamu; tidak ada Tuhan (yang berhak disembah) selain Dia; Pencipta segala
sesuatu, maka sembahlah Dia dan Dia adalah Pemelihara segala sesuatu.“
(Q.S. al-An’ām/6:102)
Hamba al-Wak³l adalah yang bertawakkal kepada Allah Swt. Ketika hamba
tersebut telah melihat “tangan” Allah Swt. dalam sebab-sebab dan alasan
segala sesuatu, dia menyerahkan seluruh hidupnya di tangan al-Wak³l.
- Al-Matin
Al-Mat³n artinya Mahakukuh. Allah Swt. adalah Mahasempurna dalam
kekuatan dan kekukuhan-Nya. Kekukuhan dalam prinsip sifat-sifat-Nya. Allah
Swt. juga Mahakukuh dalam kekuatan-kekuatan-Nya. Oleh karena itu, sifat
al-Matin adalah kehebatan perbuatan yang sangat kokoh dari kekuatan yang
tidak ada taranya. Dengan begitu, kekukuhan Allah Swt. yang memiliki rahmat
dan azab terbukti ketika Allah Swt. memberikan rahmat kepada hambahamba-Nya. Tidak ada apa pun yang dapat menghalangi rahmat ini untuk tiba
kepada sasarannya. Demikian juga tidak ada kekuatan yang dapat mencegah
pembalasan-Nya.
Sumber: httpwww.republika.co.idberitaramadhan
ustadz-siaga110825lqh6jw-berdoa-cepat-dikabulkan
Seseorang yang menemukan
kekuatan dan kekukuhan Allah
Swt. akan membuatnya menjadi
manusia yang tawakkal, memiliki
kepercayaan dalam jiwanya dan
tidak merasa rendah di hadapan
manusia lain. Ia akan selalu merasa
rendah di hadapan Allah Swt. Hanya
Allah Swt. yang Maha Menilai. Oleh
karena itu, Allah Swt. melarang
manusia bersikap atau merasa lebih
dari saudaranya. Karena hanya Allah
Swt. yang Maha Mengetahui baik
buruknya seorang hamba. Allah
Swt. juga menganjurkan manusia bersabar. Karena Allah Swt. Mahatahu apa
yang terbaik untuk hamba-Nya. Kekuatan dan kekukuhan-Nya tidak terhingga
dan tidak terbayangkan oleh manusia yang lemah dan tidak memiliki daya
upaya. Jadi, karena kekukuhan-Nya, Allah Swt. tidak terkalahkan dan tidak
tergoyahkan. Siapakah yang paling kuat dan kukuh selain Allah Swt? Tidak
ada satu makhluk pun yang dapat menundukkan Allah Swt. meskipun seluruh
makhluk di bumi ini bekerja sama. Allah Swt. berfirman:
Artinya: “Sungguh Allah Swt., Dialah pemberi rezeki yang mempunyai
kekuatan lagi sangat kukuh.” (Q.S. aż-Żāriyāt/51:58)
Dengan demikian, akhlak kita terhadap sifat al-Mat³n adalah dengan
beristiqamah (meneguhkan pendirian), beribadah dengan kesungguhan hati,
tidak tergoyahkan oleh bisikan menyesatkan, terus berusaha dan tidak putus
asa serta bekerja sama dengan orang lain sehingga menjadi lebih kuat.
- Al-Jāmi’
Al-Jāmi’ secara bahasa artinya Yang Maha Mengumpulkan/Menghimpun,
yaitu bahwa Allah Swt. Maha Mengumpulkan/Menghimpun segala sesuatu
yang tersebar atau terserak. Allah Swt. Maha Mengumpulkan apa yang
dikehendaki-Nya dan di mana pun Allah Swt. berkehendak.
Sumber: httpwww.rimanews.comread201012138952
mengembalikan-fungsi-hakim-sebagai-penegakkeadilan
Gambar 1.5
Penghimpunan ini ada berbagai macam bentuknya, di antaranya adalah
mengumpulkan seluruh makhluk yang beraneka ragam, termasuk manusia
dan lain-lainnya, di permukaan bumi ini dan kemudian mengumpulkan
mereka di padang mahsyar pada hari kiamat. Allah Swt. berfirman:
Artinya: “Ya Tuhan kami, sesungguhnya Engkau mengumpulkan manusia
untuk (menerima pembalasan pada) hari yang tak ada keraguan padanya”.
Sesungguhnya Allah Swt. tidak menyalahi janji.”(Q.S. Ali Imrān/3:9).
Allah Swt. akan menghimpun manusia di akhirat kelak sama dengan orangorang yang satu golongan di dunia. Hal ini bisa dijadikan sebagai barometer,
kepada siapa kita berkumpul di dunia itulah yang akan menjadi teman kita di
akhirat. Walaupun kita berjauhan secara fisik, akan tetapi hati kita terhimpun,
di akhirat kelak kita juga akan terhimpun dengan mereka. Begitupun sebaliknya
walaupun kita berdekatan secara fisik akan tetapi hati kita jauh, maka kita
juga tidak akan berkumpul dengan mereka.
Oleh sebab itu, apabila di dunia
hati kita terhimpun dengan orangorang yang selalu memperturutkan
hawa nafsunya, di akhirat kelak kita
akan berkumpul dengan mereka di
dalam neraka. Karena orang-orang
yang selalu memperturutkan hawa
nafsunya, tempatnya adalah di neraka.
Begitupun sebaliknya, apabila
kecenderungan hati kita terhimpun
dengan orang-orang yang beriman,
bertakwa dan orang-orang saleh,
di akhirat kelak kita juga akan
terhimpun dengan mereka. Karena
tidaklah mungkin orang-orang beriman hatinya terhimpun dengan orangorang kafir dan orang-orang kafir juga tidak mungkin terhimpun dengan
orang-orang beriman.
Allah Swt. juga mengumpulkan di dalam diri seorang hamba ada yang lahir
di anggota tubuh dan hakikat batin di dalam hati. Barang siapa yang sempurna
ma’rifatnya dan baik tingkah lakunya, maka ia disebut juga sebagai al-Jāmi’.
Dikatakan bahwa al-Jāmi’ ialah orang yang tidak padam cahaya ma’rifatnya.
Sumber: Kemdikbud - Al-‘Adl
Al-‘Adl artinya Mahaadil. Keadilan Allah Swt. bersifat mutlak, tidak
dipengaruhi oleh apa pun dan oleh siapa pun. Keadilan Allah Swt. juga didasari
dengan ilmu Allah Swt. yang MahaLuas. Sehingga tidak mungkin keputusanNya itu salah. Allah Swt. berfirman:
Artinya : “Telah sempurnalah kalimat Tuhanmu (al-Qur’ān, sebagai kalimat
yang benar dan adil. Tidak ada yang dapat mengubah kalimat-kalimatNya dan Dia-lah yang Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui.” (Q.S. alAn’ām/6:115).
Al-‘Adl berasal dari kata ‘adala yang berarti lurus dan sama. Orang yang
adil adalah orang yang berjalan lurus dan sikapnya selalu menggunakan
ukuran yang sama, bukan ukuran ganda. Persamaan inilah yang menunjukkan
orang yang adil tidak berpihak kepada salah seorang yang berselisih. Adil juga
dimaknai sebagai penempatan sesuatu pada tempat yang semestinya.
Allah Swt. dinamai al-‘Adl karena keadilan Allah Swt. adalah sempurna.
Dengan demikian semua yang diciptakan dan ditentukan oleh Allah Swt. sudah
menunjukkan keadilan yang sempurna. Hanya saja, banyak di antara kita yang
tidak menyadari atau tidak mampu menangkap keadilan Allah Swt. terhadap
apa yang menimpa makhluk-Nya. Karena itu, sebelum menilai sesuatu itu adil
atau tidak, kita harus dapat memperhatikan dan mengetahui segala sesuatu
yang berkaitan dengan kasus yang akan dinilai. Akal manusia tidak dapat
menembus semua dimensi tersebut. Seringkali ketika manusia memandang
sesuatu secara sepintas dinilainya buruk, jahat, atau tidak adil, tetapi jika
dipandangnya secara luas dan menyeluruh, justru sebaliknya, merupakan
suatu keindahan, kebaikan, atau keadilan. Tahi lalat secara sepintas terlihat
buruk, namun jika berada di tengah-tengah wajah seseorang dapat terlihat
indah. Begitu juga memotong kaki seseorang (amputasi) terlihat kejam,
namun ketika dikaitkan dengan penyakit yang mengharuskannya untuk
dipotong, hal tersebut merupakan suatu kebaikan. Di situlah makna keadilan
yang tidak gampang menilainya.
Allah Swt. Mahaadil. Dia menempatkan semua manusia pada posisi yang
sama dan sederajat. Tidak ada yang ditinggikan hanya karena keturunan,
kekayaan, atau karena jabatan. Dekat jauhnya posisi seseorang dengan Allah
Swt. hanya diukur dari seberapa besar mereka berusaha meningkatkan
takwanya. Makin tinggi takwa seseorang, makin tinggi pula posisinya, makin
mulia dan dimuliakan oleh Allah Swt., begitupun sebaliknya.
Sebagian dari keadilan-Nya, Dia
hanya menghukum dan memberi
sanksi kepada mereka yang
terlibat langsung dalam perbuatan
maksiat atau dosa. Istilah dosa
turunan, hukum karma, dan lain
semisalnya tidak dikenal dalam
syari’at Islam. Semua manusia
di hadapan Allah Swt. akan
mempertanggungjawabkan dirinya
sendiri.
Lebih dari itu, keadilan Allah Swt.
selalu disertai dengan sifat kasih
sayang. Dia memberi pahala sejak
seseorang berniat berbuat baik
dan melipatgandakan pahalanya jika kemudian direalisasikan dalam amal
perbuatan. Sebaliknya, Dia tidak langsung memberi catatan dosa selagi masih
berupa niat berbuat jahat. Sebuah dosa baru dicatat apabila seseorang telah
benar-benar berlaku jahat.
- Al-Ākhir
Al-Ākhir artinya Yang Mahaakhir yang tidak ada sesuatu pun setelah
Allah Swt. Dia Mahakekal tatkala semua makhluk hancur, Mahakekal
dengan kekekalan-Nya. Adapun kekekalan makhluk-Nya adalah kekekalan
yang terbatas, seperti halnya kekekalan surga, neraka, dan apa yang ada di
dalamnya. Surga adalah makhluk yang Allah Swt. ciptakan dengan ketentuan,
kehendak, dan perintah-Nya. Nama ini disebutkan di dalam firman-Nya:
Artinya: “Dialah Yang Awal dan Akhir Yang ¨ahir dan Yang Batin, dan Dia
Maha Mengetahui segala sesuatu “. (Q.S. al-¦ad³d/57:3).
Allah Swt. berkehendak untuk menetapkan makhluk yang kekal dan yang
tidak, namun kekekalan makhluk itu tidak secara zat dan tabi’at. Karena secara
tabi’at dan zat, seluruh makhluk ciptaan Allah Swt. adalah fana (tidak kekal).
Sifat kekal tidak dimiliki oleh makhluk, kekekalan yang ada hanya sebatas
kekal untuk beberapa masa sesuai dengan ketentuan-Nya.
Orang yang mengesakan al-Ākhir akan menjadikan Allah Swt.
sebagai satu-satunya tujuan hidup yang tiada tujuan hidup selainNya, tidak ada permintaan kepada selain-Nya, dan segala kesudahan
tertuju hanya kepada-Nya. Oleh sebab itu, jadikanlah akhir kesudahan
Sumber: httpwww.maitreyaduta.org20110610hukumtuhan-maha-adil
kita hanya kepada-Nya. Karena
sungguh akhir kesudahan hanya
kepada Rabb kita, seluruh sebab
dan tujuan jalan akan berujung ke
haribaan-Nya semata.
Orang yang mengesakan
al-Ākhir akan selalu merasa
membutuhkan Rabb-nya, ia akan
selalu mendasarkan apa yang
diperbuatnya kepada apa yang telah
ditetapkan oleh Allah Swt. untuk
hamba-Nya, karena ia mengetahui
bahwa Allah Swt. adalah pemilik
segala kehendak, hati, dan niat.
Al-Karim, Al-Mu’min, Al-Wakil, Al-Matin, Al-Jami, Al-Adl dan Al-Akhir adalah nama-nama baik lagi indah milik Allah SWT. Nama-nama baik lagi indah ini dikenal juga dengan sebutan Asmaul Husna. Secara harfiah, asmaul husna artinya nama yang baik/indah.
bima78631@gmail.con
1.Al karim=bersyukur atas pemberian Tuhan,tidak sombong
2.Al mukmin=memohon ketenangan hati hanya kepada Allah
3.Al wakil=menyerahkan segala urusan hanya kepada Allah
4.Al main=percaya dalam jiwa dan tidak merasa rendah dhadapan manusia lainya
5.Al jam’l=berkumpul dengan orang orang yang beriman
6.Al Adl=tidak berpihak kepada salah seorang yg berselisih
7.Al Akhir=tujuan hidup hanya untuk Allah karna Allah makhluk paling kekal
1. Al Karim :senantiasa bekerja keras karena Allah yg maha pemurah
2. Al Mukmin :selalu senatiasa bersabar dan bersikap tenang saat menghadapi masalah
3, Al Wakil :senantiasa berserah diri kepada Allah
4. Al Matin: senantiasa berpegang teguh terhadap kebenaran
5. Al Jami’:
6. Al Adl :harus bersikap adil kesemua orng
7. Al Akhir: mempercayai bahwa Allah SWT adalah yg maha akhir.