Pembuatan Proyek Kincir Angin Sederhana Pada Mata Pelajaran Fisika Materi Sumber Perubahan Energi Siswa Kelas X TBO Di SMK Bina Patria 1 Sukoharjo

I. PENDAHULUAN
Berdasarkan pengamatan saya sebagai guru mata pelajaran Fisika di SMK Bina Patria 1 Sukoharjo, diketahui bahwa motivasi belajar siswa masih rendah dalam pembelajaran Fisika. Dalam pembelajaran ini, guru melakukan pembelajaran di kelas X TBO SMK Bina Patria 1 Sukoharjo tahun pelajaran 2022/2023. Kondisi tersebut dilatar belakangi oleh rendahnya tingkat belajar siswa, tidak dibiasakan untuk melakukan praktikum/proyek agar mendapatkan pengalaman langsung, dan ditambah guru belum optimal dalam menggunakan model pembelajaran inovatif dalam kegiatan pembelajaran di kelas, guru masih menggunakan model pembelajaran monoton/ceramah yang berpusat pada guru belum berpusat kepada peserta didik, faktor lingkungan sosial dan keluarga yang belum mendukung. Selain itu kurangnya sarana dan prasarana seperti kondisi kelas yang panas apalagi saat pembelajaran di jam siang walaupun sudah ada beberapa kipas angin yang dipasang, letak kelas dekat dengan kantin sehingga agak ramai.
Setelah melakukan analisis terhadap kajian literatur dan wawancara dengan rekan sejawat, kepala sekolah, dan pakar, maka beberapa tantangan untuk mencapai tujuan tersebut antara lain: Rendahnya motivasi belajar siswa, Guru belum melakukan pembelajaran interaktif dan menyenangkan, Siswa belum pernah melihat kincir angin secara langsung hanya lewat gambar maupun video, Siswa belum paham faktor apa saja yang mempengaruhi kecepatan putaran kincir, Siswa dan guru belum terbiasa menggunakan model PJBL, pembelajaran PJBL membutuhkan waktu yang lama dalam pelaksanaan, Buku referensi yang digunakan guru dalam pembelajaran masih terbatas, dan instruksi pada LKPD yang kurang jelas sehingga menyebabkan siswa kurang paham.
II. PEMBAHASAN
Untuk mengatasi tantangan tersebut, maka guru membuat langkah-langkah pembelajaran: 1) Melakukan kegiatan praktik dalam bentuk proyek pembuatan kincir angin sederhana. 2) Penggunaan model pembelajaran PJBL mampu memberikan peluang kepada siswa untuk kreatif dalam melakukan inovasi. 3) Menampilkan video pembelajaran tentang PLTB dan cara pembuatan produk kincir angin sederhana. 4) Memberikan bahan ajar yang menerangkan sumber energi terbarukan (perubahan energi). 5) Melakukan penguatan konsep yang dipelajari setelah proses projek dan presentasi selesai. 6) Lebih mempersiapkan pembelajaran dengan baik agar waktu yang dibutuhkan lebih efisisen.
Pada kesempatan ini, guru akan menyampaikan materi fisika Bab Energi dan perubahan untuk pembelajaran proyek pembuatan kincir angin sederhana dengan tujuan siswa dapat membuat produk kreatif kincir angin sederhana sebagai alat konversi energi menggunakan alat dan bahan yang mudah ditemui dilingkungan sekitar. Dari hasil pembelajaran, ada kelompok yang membuat kincir dengan bentuk baling-baling tidak simetris sehingga putaran kincirnya tidak seimbang. Ada kelompok yang membuat kincir dengan variasi jumlah baling-baling 6 buah, 8 buah dan 10 buah. Dan ada kelompok yang menvariasi panjang pendeknya baling-baling pada kincir angin. Alat dan bahan yang digunakan pun berbagai macam sesuai kreatifitas siswa, setiap kelompok menghasilkan produk kincir angin yang berbeda-beda.
III. KESIMPULAN
Dari pembelajaran yang sudah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa melalui pembelajaran proyek kincir angin sederhana ini dapat meningkatkan motivasi dan kreatifitas siswa dalam pembelajaran fisika. Siswa tertarik dan antusias dalam pembuatan proyek kincir angin sederhana sesuai kreatifitas siswa masing-masing, mereka terlibat langsung dalam pembuatan proyek sehingga keaktifan belajarnya juga meningkat. Siswa dapat menemukan hal baru yang belum pernah mereka ketahui sebelumnya dari proses pembuatan kincir air sederhana, seperti siswa dapat membandingkan dan mengetahui faKtor apa saja yang mempengaruhi kecepatan putaran kincir angin sederhana yang mereka kerjakan dengan menvariasi produk kincirnya. Keaktifan belajar siswa juga meningkat dengan diskusi kelompok pada saat merencanakan proyek sampai pada mengerjakan proyek pembuatan kincir serta pada saat mempresentasikan hasil proyek kincir angin sederhana kreasi siswa
Pemilihan model pembelajaran PJBL dan media yang menarik sudah tepat karena dapat meningkatkan keaktifan siswa dalam pembelajaran, serta dapat mempermudah siswa dalam mememahami konsep energi dan perubahannya. Dan mencapai tujuan pembelajaran yaitu Peserta didik dapat membuat dan menyelesaikan permasalahan kesulitan dalam memahami konsep energi dan perubahannya yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari berupa produk kreatif sederhana kincir angin dengan baik.
VI. DAFTAR PUSTAKA
Sagendra, Berti dkk. 2021.Proyek IPAS rumpun teknologi SMK/MAK kelas X. Jakarta:Erlangga
Anonim.2021. Cara Kerja Kipas Angin untuk Menghasilkan Energi Gerak.(Online) https://kumparan.com/how-to-tekno/cara-kerja-kipas-angin-untuk- menghasilkan-energi-gerak-1wy4XlMyIfp/4
Anonim.2019. Cara Membuat Kipas Angin Mini Sederhana | Video Kreatif (Online)
https://www.youtube.com/watch?v=Kt6hFylbAGQ Cantika,DA. 2021. Pahami Cara Kerja Kincir Angin, Sumber Energi Listrik Alternatif. (Online) https://edukasi.okezone.com/read/2022/02/10/623/2545062/pahami-cara-kerja-kincir-angin-sumber-energi-listrik-alternatif




